Terbaik! 5 Cara Mengecat Tembok Lembab dan Menjadikannya Tampak Aesthetic 

Cara Mengecat Tembok Lembab

Cara mengecat tembok lembab sangat penting untuk diketahui masyarakat, terutama yang bertempat tinggal di daerah lembap. Seperti di dekat kawasan hutan, laut, ataupun pantai. 

Jika Anda merupakan salah satu orang yang tinggal di daerah lembap, pastikan untuk membaca ulasan berikut hingga tuntas. 

5 Cara Mengecat Tembok Lembab 

Tembok yang terus-terusan lembap tentu akan lebih mudah mengalami kerusakan, seperti retak hingga rembes. Jika itu terjadi, rumah tentu akan terasa kurang nyaman saat ditinggali.

Guna meminimalisir hal itu, Anda bisa menerapkan cara mengecat tembok lembab supaya dinding mempunyai daya tahan lebih kuat dan lama. Untuk diketahui, ada lima langkah yang bisa dilakukan guna menguatkan tembok bangunan di daerah lembap.

  1. Pertama-tama, pastikan tembok kering sebelum dilakukan pengecatan. 
  2. Kemudian, permukaan dinding bangunan juga harus diamplas terlebih dulu agar lebih bersih dan halus. 
  3. Supaya tembok mempunyai kekuatan lebih untuk melawan jamur dan bakteri lainnya, Anda bisa menyemprotkan fungicidal wash. Terapkan cairan ini satu hari sebelum pengecatan dilakukan.
  4. Langkah selanjutnya, gunakan cat dasar atau primer yang memiliki teknologi waterproof untuk meningkatkan kekuatan dinding. 
  5. Terakhir, Anda bisa menerapkan cat dekoratif sesuai selera masing-masing.

Motif Cat Dekoratif untuk Tampilan Aesthetic

Untuk diketahui, ada banyak motif cat dekoratif yang bisa diterapkan di tembok lembap. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Motif Batu-bata

Cara mengecat tembok lembab

Motif batu-bata sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan di ruang utama, yakni ruang tamu. Pasalnya, motif ini bisa jadi dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik di mata siapa pun yang melihatnya.

Untuk diketahui, desain batu-bata ini terbilang populer di masyarakat. Hal ini dikarenakan, selain ditemukan di dinding bangunan, motif ini juga terdapat pada barang-barang, seperti tas hingga sepatu.   

Motif Polkadot

Cara mengecat tembok lembab

Popularitas motif polkadot tidak kalah dari desain batu-bata. Motif berbentuk lingkaran kecil ini banyak ditemukan di bangunan hingga item fashion.

Jika tertarik untuk menerapkan motif dekoratif ini di dinding rumah, Anda bisa menentukan warna dasar dan cat polkadotnya dulu. Misalnya, menggunakan warna beige sebagai cat dasarnya dan warna hitam untuk motif polkadotnya.

Garis Abstrak

Jika Anda tertarik menerapkan motif abstrak, penerapannya terbilang sederhana dan mudah. Caranya, siapkan lakban dan gunting, kemudian buat motif dengan menempelkan lakban secara acak.

Meski acak, pastikan lakban diterapkan dengan rapi agar cat yang diterapkan juga tampak bagus. Supaya hasilnya tampak unik, sebaiknya gunakan warna-warna kontras untuk mengisi setiap garis yang sudah dibuat. 

Contohnya, seperti merah, kuning, hitam, dan lain-lain. Warna-warna tersebut bisa didapatkan dari cat Avian Brands

Garis Arsir

Tidak kalah menarik dari motif-motif sebelumnya, garis arsir juga bisa dijadikan dekorasi ruangan di rumah Anda. Baik di kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan lain-lain. 

Untuk membuat motif ini tidak sulit, tetapi Anda perlu keterampilan yang baik. Jika ingin memiliki ruangan dengan motif arsir, pastikan untuk menyiapkan kemoceng bersih.

Selanjutnya, terapkan cat dari merek yang bersertifikasi SNI pekerjaan pengecatan dinding. Saat cat masih basah, Anda bisa menggunakan kemoceng untuk memberikan sapuan halus guna menghasilkan motif arsir.

Floral atau Dedaunan

Biasanya, motif floral atau dedaunan bisa didapatkan ketika Anda membeli wallpaper dinding. Namun, motif ini juga bisa dibuat secara mandiri dengan menggunakan cetakan khusus.

Selain menggunakan cetakan, Anda juga bisa membeli roller motif floral untuk mengaplikasikan cat pada dinding dengan motif tertentu. Sebelum menggunakan roller ini, Anda bisa menerapkan cat dasarnya terlebih dulu dengan kuas ataupun roller biasa.

Itu tadi cara mengecat tembok yang lembab dan trik menjadikannya terkesan aesthetic. Anda bisa mengaplikasikan cara-cara di atas untuk meminimalisir risiko tembok cepat rusak sekaligus membuatnya lebih menarik.

Baca Juga: Fungsi Mou Dan Contoh Surat Kerjasama Media Partner

Comments are closed.