Harga Batik Modern yang Perlu Anda Tahu

Harga Batik Modern yang Perlu Anda Tahu

Sebagai satu kesenian dalam bidang fashion, batik merupakan kebanggan Indonesia. Sebagai warna Indonesia yang batik, tentu anda perlu mengerti harga sebuah busana atau kain batik. Maka dari itu, kali ini kami akan menjelaskan tentang harga batik modern yang perlu anda ketahui.

Harga yang akan kami sebutkan akan kami kategorikan dari jenis dan kualitasnya. Bentuk kedua hal itulah yang memang menjadi dasar penentuan harga sebuah kain batik. Nah, bagaimana harga batik modern di zaman sekarang?

Langsung saja, tidak perlu berbasa basi lagi, inilah penjelasan mengenai harga batik modern yang bisa anda beli di berbagai toko mulai dari yang online maupun offline.

Kualitas Batik Modern

Tidak ada yang menyangkal, kualitas adalah aspek paling penting dari sebuah batik. Semakin tinggi kualitas sebuah batik, semakin mahal pula harganya. Beberapa kualitas batik yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas Terbaik

Kualitas pertama dari batik adalah kualitas terbaik. Sebuah batik yang dibuat dengan cara yang benar, jahitan yang sesuai, dan tentunya menggunakan alat dan bahan yang terbaik. Pokoknya, semua aspek dari batik ini sengaja dibuat dengan maksimal.

Sehingga melahirkan sebuah batik yang benar-benar terbaik. Maka Dari itu, tidak salah jika jenis batik yang pertama ini harganya bisa menginjak rata-rata 400 ribu hingga jutaan rupiah. Kenapa demikian?

Karena batik kualitas terbaik tentu dibuat dengan tenaga profesional yang terbaik. Harga ini sangat disesuaikan dengan kualitas batik yang ada. Maka dari itu, jangan heran dan anda harus memaklumi harga ini.

Tidak semua batik dibuat dengan sepenuh hati. Apalagi batik modern yang notabennya sudah menggunakan teknologi modern. Otentiknya dari batik modern inilah yang membuat harga batik modern menjulang tinggi dan tidak murahan.

  • Kualitas Sedang

Kualitas batik yang kedua adalah kualitas sedang. Batik dengan rata-rata 100 ribu hingga 300 ribu rupiah. Kualitas sedang ini adalah batik yang tentunya bukan buruk kualitasnya. Batik jenis ini juga merupakan batik yang sering dipakai oleh masyarakat.

Bisa dikatakan kualitas sedang ketika batik dibuat dengan cara biasa, dengan alat dan bahan yang biasa. Jahitannya juga sudah cukup kuat, hanya saja dalam hal estetika dan corak, batik ini kualitasnya lebih rendah ketimbang batik kualitas terbaik.

Meski demikian, batik ini tentu masih nyaman dipakai dan terbuat dari kain yang bagus. Tidak sembarangan dan dibuat dengan sepenuh hati pula. Batik modern kualitas sedang tetap masih cocok dipakai dalam beberapa acara resmi yang membutuhkan interaksi dengan orang lain.

  • Kualitas Bawah

Batik kualitas bawah memiliki harga kisaran di bawah 150 ribu. Batik ini dibuat dengan cara seadanya. Tanpa ada detail yang diperhatikan. Batik kualitas ini dicetak dengan cara tergesa-gesa, tidak melihat kualitas sama sekali.

Batik jenis ini seringkali dibuat dalam skala yang sangat besar. Sehingga tidak terlalu mempertimbangkan kualitasnya. Batik dengan kualitas bawah sama sekali tidak cocok ketika anda pakai dalam acara-acara resmi. Karena dari motif dan teksturnya tidak begitu cocok.

Namun, tidak semua batik kualitas bawah memiliki kualitas yang buruk. Ada juga kok batik kualitas bawah ini tetap nyaman dipakai dan cocok digunakan dalam acara-acara resmi. Meski kualitasnya bawah, batik tetaplah batik yang membanggakan Indonesia.

Dari tiga kualitas batik di atas, tentu ada sudah mengerti bawah batik adalah busana yang memiliki tingkatan kualitas yang berbeda-beda. Jadi, anda perlu memilihnya sebelum memastikan untuk membeli beberapa kualitas batik di atas.

Harga Batik Modern dari Jenisnya

Selain dari kualitas, harga batik juga sangat ditentukan oleh jenis. Dimana, dari skala besar, jenis batik dibagi menjadi dua bagian. Jenis modern yang relatif dinamis dan jenis tradisional yang desainnya otentik dan kaku.

Nah, dari dua jenis batik di atas, manakah batik yang memiliki harga paling bersahabat?

  1. Harga Batik Modern

Harga batik modern bisa dikatakan relatif. Karena tetap disesuaikan dengan jenis dan kualitas batik yang dibuat. Jadi, meskipun termasuk modern, batik akan memiliki harga yang murah ketika kualitasnya rendah.

Harga batik modern standarnya lebih dari Rp 400 ribu. Karena memang batik modern mengandalkan kreativitas seorang desainer dalam hal membuat dan menskemakan sebuah desain batik.

Pada dasarnya, harga batik modern tetaplah relatif. Bisa juga disesuaikan oleh siapa yang mendesain. Jika orang yang sudah profesional, maka harga batik bisa sangat mahal. Berbeda dengan batik yang dibuat oleh orang yang pemula.

Tingkat kesulitan dari pembuatan, serta bahan baku adalah aspek penting yang mempengaruhi harga batik modern. Jika sebuah batik modern dibuat dengan cara mesin printing, maka harganya akan jauh lebih murah. Karena dibuat dalam skala besar dan otomatis.

  • Harga Batik Tradisional

Berbeda dengan batik modern, harga batik tradisional cenderung lebih mahal. Kenapa demikian? Karena batik jenis ini dibuat dengan cara manual dan membutuhkan kreatifitas serta ketelitian dari si pembuatnya.

Misal, batik yang sangat identik dengan daerah, maka harganya cenderung lebih mahal. Karena alat, bahan, dan pengerjaannya masih sangat tradisional sehingga benar-benar melahirkan batik yang sangat orisinil.

Namun tetap saja, harga batik tradisional didasarkan pada proses pengerjaan, bahan yang digunakan, dan beberapa aspek lain yang tentu penting dilihat. Tidak semua batik tradisional mahal harganya, anda juga bisa menemukan batik tradisional yang harganya terjangkau.

Intinya, anda harus bisa memilih toko batik yang benar-benar tepat. Jangan sampai dengan harga yang miring, anda mendapatkan batik yang buruk. Memastikan kualitas dari sebuah batik adalah urusan paling penting yang harus dilakukan oleh seorang konsumen.

Memilih Harga Batik Tradisional

Anda jangan sampai salah memilih harga batik tradisional. Karena jika sampai salah, anda akan sangat rugi. Rugi dari finansial maupun fashion. Maka dari itu, sebelum membeli anda harus tetap memastikan kualitas dari sebuah kain batik.

Jangan sampai, anda menyesal di kemudian hari karena merasa salah memilih baju. Selain itu, anda harus memastikan toko yang anda beli benar-benar terpercaya. Karena bila tidak terpercaya, potensi penipuan akan sangat besar.

Satu hal yang juga tidak kalah penting adalah jangan sampai tertipu akan harga. Baju yang memiliki harga tinggi, belum tentu memiliki kualitas yang tinggi pula. Apalagi baju batik yang memiliki kualitas rendah.

Harga murah, namun kualitasnya sangat tinggi tentu akan sangat meragukan. Anda tidak perlu memilih jenis toko yang memberikan harapan palsu seperti itu. Maka dari itu, jadilah konsumen yang cerdas, bisa memilih baju batik yang kualitasnya baik, namun harganya bisa miring.

Mungkin itu saja pembahasan kami mengenai harga batik modern. Barang apapun, segi kualitas adalah penentu dari mahal tidaknya sebuah barang. Maka dari itu, pastikan memilih batik yang berkualitas dan jangan tertipu pada harga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *